Selasa, 04 Februari 2014

LOMPAT TINGGI



Lompat tinggi adalah salah satu cabang atletik. Olahraga ini menguji ketrampilan melompat dengan melewati tiang mistar. Tujuannya untuk memperoleh lompatan setinggi-tingginya saat melewati mistar tersebut dengan ketinggian tertentu.
Jika peserta berhasil melompati mistar tanpa menjatuhkan mistar maka tingginya akan dinaikkan. Lompatan akan gagal jika peserta menyentuh mistar dan tidak melompat. Peserta yang gagal melompat melintasi mistar tiga kali berturut-turut akan keluar dari pertandingan. Ketinggian lompatan diukur dari atas tanah hingga bagian tengah. Setiap peserta akan diberi peluang sebanyak tiga kali untuk melakukan lompatan. Untuk menentukan kemenangan, peserta harus berusaha melompat setinggi mungkin yang dapat dilakukan. Pemenang ditentukan dengan lompatan tertinggi yang dilewati.

Ada berbagai macam gaya untuk lompat tinggi, yaitu :
  • Gaya gunting (Scissors)
    pelompat pada saat akan melompat, memakai tumpuan kaki kiri dan ayunan pada kaki kanan, maka ia mendarat dengan kaki lagi. Di udara badan berputar ke kanan, mendarat dengan kaki kiri, kemudian badan menghadap kembali ke tempat awalan tadi. 
  • Gaya Guling sisi (Western Roll)
    p
    ada gaya ini sama dengan gaya gunting, yaitu tumpuan kaki kiri jatuh kaki kiri lagi dan bila kaki kanan jatuhnyapun kaki kanan hanya beda awalan, tidak dari tengah tapi dari samping.
  • Gaya Guling (Straddle)  
    pelompat mengambil awalan dari samping antara 3, 5, 7, 9 langkah Tergantung ketinggian yang penting saat mengambil awalan langkahnya ganjil. 
    Menumpu pada kaki kiri atau kanan, maka ayunan kaki kiri/ kanan kedepan. Setelah kaki ayun itu melewati mistar cepat badan dibalikkan, hingga sikap badan diatas mistar telungkap. Pantat usahakan lebih tinggi dari kepala, jadi kepala menunduk. 
  • Gaya pelana
    pelompat menuju ke palang secara bersudut. ketika melepasi palang, maka pelompat memandang ke bawah dan keadaan badannya seolah-olah meniarap diatas palang.
  • Gaya fosbury flop  
    gaya ini adalah gaya yang populer pada masa saat ini, gaya ini pelompat menuju ke palang dengan membelakangi mistar.
Rekor tertinggi lompat tinggi putra saat ini adalah Bohdan Bondarenko dari Ukraina dengan 2.41m.
Banyak film yang bercerita tentang olahraga, termasuk yang memfilmkan lompat tinggi, salah satu yang akan kita bahas di sini adalah drama Korea yang berjudul To The Beautiful You. Drama ini bercerita tentang lompat tinggi, pemerannya adalah Choi Minho Shinee. Di sini lompat tinggi mengutamakan gaya fosbury flop.

Ini adalah beberapa contoh video lompat tinggi  :
Behind the scene high jump TTBY http://www.youtube.com/watch?v=ehqOxhq08Xo

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar